Akademis

TIPS dan URUTAN MENGERJAKAN TUGAS AKHIR (TA)/SEKRIPSI.

1. Pada awal Mahasiswa (MHS) konsultasi dengan Dosen Pembimbing 1 (DP1), MHS sudah punya topik dan  judul TA.
2. Carilah topik/judul TA sebanyak 3 judul yang betul-betul anda kuasai, dan referensi yang lengkap, karena ini bakal menjadi PROYEK BESAR saudara.
3. Saudara harus betul-betul menyadari bahwa TA yang saudara kerjakan adalah karya saudara, untuk menyandang Predikat Kesarjanaan Saudara.
4. DP hanya sebagai Pempimbing/Pemandu atas pekerjaan TA saudara. Mengarahkan penulisan TA agar memenuhi standar KARYA TULISAN ILMIAH.
5. Oleh karena itu saudara harus bisa meyakinkan DP1 bahwa saudara betul-betul siap untuk mengerjakan TA saudara.
6. Dari 3 judul tersebut DP1 akan memilih salah satunya sebagai topik dan judul TA saudara.
7. DP1 akan mengusulkan DP2 sebagai pendamping DP1. Jika tidak ada DP2, maka seluruhnya akan ditangani oleh DP1.
8. Selanjutnya saudara kerjakan pembuatan PROPOSAL TA, lihat kandungan Proposal TA (tersedia pada blog/web ini).
9. DP akan mengoreksi hasil karya saudara yang di fokuskan pada 3 bagian. a. kandungan keilmuan, b. tata bahasa, c. tata tulis/format.
10. Setelah Proposal TA disetujui oleh DP1, dilanjutkan pada DP2, setelah DP2 setuju, maka kembali ke DP1, DP1 akan meperhatikan jika ada usulan dari DP2.
11. Setelah Proposal disetujui secara lengkap, selanjutnya saudara menyiapkan bahan untuk Presentasi pada Seminar TA.
12. Bahan presentasi mewakili semua bab pada Proposal TA, stresingnya pada Metodelogi Penelitian yang saudara usulkan pada Proposal TA.
13. Pada waktu Seminar TA, saudara berakting menjelaskan bukan membacakan Proposal TA.
14. Oleh karena itu sekali lagi saudara diminta betul-betul menguasai apa yang akan saudara kerjakan dengan Proyek Besar Tugas Akhir saudara tersebut.
15. Kompromikan dengan DP1 dan DP2, tgl, hari dan jam untuk Seminar TA.
16. Masukan hasil Seminar dicatat dan perbaiki Propasal TA tsb. selanjutnya Proposal yg sudah diperbaiki tsb berikan pada DP1 dan DP2.
17. Selanjutnya saudara mulai melakukan Pekerjaan/Proyek Besar TA saudara.
18. DP1 akan meminta saudara untuk meneruskan Pekerjaan TA saudara dengan bimbingan DP2. Sampai draf TA selesai secara total.
19. Setelah disetujui oleh DP2, maka selanjutnya draf TA saudara akan diperiksa oleh DP1, sampai di acc secara total.
20. Setelah draf TA disetujui, maka saudara diminta untuk mempersiapkan bahan untuk presentasi pada Sidang TA.
21. Pada Sidang TA sudah ada Dosen Tamu sebagai Dosen Penguji.
22. Pada saat Sidang saudara harus dapat meyakinkan para penguji bahwa saudara menguasai TA saudara, yang diuji hanya bahan yang berkaitan dengan TA.
23. Masukan dan koreksian dari hasil Sidang harus dicatat, karena ini merupakan bahan untuk koreksian TA.
24. Segera lakukan berpaikan Draf TA berdasarkan masukan hasil Sidang TA. Konsultasikan pada DP2 dan DP1.
25. Jika hasil sidang harus mengulang untuk di Sidang lagi, maka segera siapkan perbaikan untuk Sidang berikutnya.
26. Jika hasil Sidang berupa perbaikan dan boleh dilanjutkan PENDADARAN, maka berikutnya adalah persiapan untuk PENDADARAN.
27. Persiapkan kemampuan saudara untuk PENDADARAN, karena pendadaran sifatnya adalah komprehensip, tapi masih dalam lingkukang topik TA.
28. Hasil PENDADARAN bisa Lulus atau Tidak Lulus.
29. Jika Tidak Lulus jelas harus mengulang, jika Lulus segera perbaiki jika masih ada masukan perbaikan dan konsultasikan dengan DP1 dan DP2.
30. Segera TA saudara dijilid dan dimintakan tanda tangan DP2 dan Kemudian DP1.
31. Setelah selesai tanda tangan DP, maka nilai dikeluarkan oleh bagian Pengajaran.
32. SELESAI SUDAH PROYEK BESAR Saudara, dan Saudara sudah siap menyandang SARJANA TEKNIK (ST).
SIAP MENGARUNGI LAUTAN LUAS DENGAN PERCAYA DIRI.

Semoga bermanfaat.
Jika para pembaca BLOG ini memerlukan tulisan saya tentang “Kendala apa saja sebagai hambatan pengerjaan TA”.
Kirimkanlah ke email saya, atau tuliskan pada comments di BLOG ini, untuk tulisan “Kendala tentang TA”
Terima kasih.

KEGIATAN PRAKTIK KERJA (PK).

PROSEDUR KEGIATAN:
1. Pengurus Jurusan menetapkan Dosen Pembimbing (DP).
2. Pemilihan Obyek/Proyek oleh Mahasiswa.
3. Mahasiswa diskusi dengan DP untuk penentuan Obyek (PK).
4. Fakultas/Jurusan membuatkan Surat Permohonan PK kepada Pengelola Proyek.
5. Pengelola Proyek menentukan kapan PK bisa dimulai.
6. Waktu izin boleh PK oleh Pengelola Proyek adalah tercatat sebagai waktu awal PK.

TAHAP PELAKSANAAN:
1. Sebelum kelapangan Mahasiswa menghadap DP untuk dapat arahan.
2. Selama dilapangan MHS mengamati, berdialog, bertanya, mengumpulkan data sebagai bahan untuk penulisan laporan PK.
3. Mulai dari awal PK di lapangan, MHS sudah mulai membuat draf penulisan Laporan PK.
4. MHS wajib mebuat daftar hadir pelaksanaan PK yang disyahkan oleh Pengelola Proyek.
5. Masa pelaksanaan dilapangan selama 3 bulan.

KANDUNGAN LAPORAN PRAKTIK KERJA:
1. Sampul.
2. Halaman Judul.
3. Halaman Pesetujuan.
4. Pengantar.
5. Daftar Isi.
6. Daftar Gambar.
7. Daftar Tabel.
8. Daftar Lampiran.
9. Bab I. PENDAHULUAN. Kandungan isi: Latar Belakang, Tujuan Proyek, Lokasi.
10. Bab II. DATA PROYEK. Kandungan isi: Data Teknis dan Data Administratif,
Organisasi Pengelola Proyek, Spesifikasi yang digunakan pada Proyek.
11. Bab III. PELAKSANAAN PROYEK. Kandungan isi: Bagian-bagian dari Proyek yang diamati, Tata cara pelaksanaan, Peralatan yang digunakan, Pengawasan Pelaksanaan Proyek.
12. Bab IV. PEMBAHASAN. Kandungan isi: Berisi pemikiran MHS terhadap bagian yang diamati pada saat PK yang perlu dibahas secara teoritis
13. Bab V. KESIMPULAN dan SARAN.
14. Penutup.

Laporan PK ditulis sesuai dengan syarat penulisan ilmiah yang sudah ditentukan oleh Jurusan.
Jumlah total halaman antara 60 sampai 80 halaman, tidak termasuk Lampiran.
Demikian informasi Tata cara Pelaksanaan dan Penulisan PK, semoga bermanfaat.

KANDUNGAN PROPOSAL TUGAS AKHIR (TA).

  1. Halaman sampul depan.
    Isi: Judul TA, Logo Perguruan Tinggi, Nama penulis TA, Nomor Induk Mahasiswa, Jurusan, Fakultas, Universitas, Kota, Tahun.
  2. Daftar isi Proposal TA.
    Bab I/A. PENDAHULUAN.
    Isi: Pada bab atau bagian ini menjelaskan tentang, Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Batasan Penelitian, Lokasi Penelitian (jika kasus lapangan).
  3. Bab II/B. TINJAUAN PUSTAKA.
    Isi: Pada Bab ini penulis menyampaikan hasil atau kutipan dari tulisan/jurnal/penelitian terdahulu yang ada kaitannya dengan materi TA.
  4. Bab III/C. LANDASAN TEORI.
    Isi: Pada bab ini penulis menyertakan Teori, Dalil, rumus-rumus yang akan dipakai sebagai alat analisis, dasar-dasar perencanaan, dalam tulisan TA. Setiap definisi atau formula harus dicantumkan sumbernya.
  5. Bab IV/D. METODE PENELITIAN.
    Isi: Pada bab ini Penulis menyampaikan metode apa yang akan digunakan dalam penelitian ini. Cara memperoleh data (Primer, Sekunder), Cara pengelompokan data, Cara mengolah data (Cara Pemeriksaan Bahan, Cara pembuatan benda uji, Jumlah benda uji). Urutan perencanaan/desain berupa “Flow Chart” jalanya penelitian/perencanaan/desain. Dan pada bab ini penulis juga menyampaikan “time schedule”, sehingga penulis berencana berapa lama penulis akan menyelesaikan setiap tahapan dari penelitian ini.
  6. DAFTAR PUSTAKA.
    Daftar pustaka yang ducantumkan adalah daftar pustaka yang benar-benar bagian dari pustaka tersebut yang digunakan dalam penulisan.
  7. LAMPIRAN.
    Jika ada tabel atau foto/gambar-gambar/grafik yang diperlukan sebagai pelengkap proposal. Setiap tabel atau gambar harus disebutkan sumbernya.
    Format tulisan rapi, menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang benar.
    Untuk Proposal jumlah halaman total jangan lebih dari 25 halaman.
    Untuk penulisan Laporan Penelitian, susunan/kandungan bab sama saja dengan Proposal, tambahan bab V untuk analisis dan pembahasan, dan bab VI untuk kesimpulan dan saran. Isi dari Laporan Penelitian setiap bab lebih lengkap dan rinci.

Responses

terima kasih atas petunjuk tugas akhir pak..
klo bisa sekalian proposal KP-nya pak…

terima kasih..sukses buat bpak

terima kasih pak atas petunjuk
penyusunan laporan KP-nya

alhamdulillah pasti sangat berguna untuk kami yang sedang menyusun laporan KP.

pak, artikel untuk transportasi jalan relnya ditambah yah pak…

pak saya mau TA tapi saya bingung mau ambil judul tentang apa
jujur saya lebih menguasai tentang jalan ketimbang air maupun struktur
mohon nasehat dari bapak

Mas Faris, TA merupakan suatu tugas yang sangat bermakna dalam penyelesaian masa studi. Oleh karena itu kualitas TA diharapkan menjadi suatu kebanggaan, karya yg akan dikenang sampai akhir perjuangan hidup. Tetapi juga terikat dengan lama waktu penulisa/penyelesaian TA tersebut. Anjuran saya, kerjakanlah yang Faris bisa, kerjakan dengan kualitas yang tinggi, dan selesaikan dalam waktu yg tepat/cepat. Silahkan ketemu dg saya, dan kita bisa berbincang-bincang. OK.

Assalammualikum Pak,
Saya bekas mhs bapak dulu, nilai sy yg bagus2 hanya dr matkul bpk,skr sy sdh bekerja, dr matkul jarang skl yg bs diterapkan dilap,
Mohon tanggapan

trima kasih atas petunjuk TA dr bapak..
Saya sudah menyiapkan 2 judul TA yang berkaitan dengan kerusakan jalan..dan juga sedikit refernsi untuk judul tersebut.
sedianya bapak mau membimbang saya dalam menyelesaikan TA saya…
trimakasih pak…
mohom bimbingannya…

Assalamualaikum pak….
Saya sangat senang sekali bisa mendapatkan ilmu dari bapak. Saya ingin sekali TA tentang transportasi khususnya di jalan rel. Tp saya masih bingung ama judul TAnya, apakah itu tentang GPK yang saya mw teliti apau apa. Alakah berkenan bapak untuk membimbing saya dalam tugas akhir (Mahasiswa bapak) serta memberi referensi buat judul TA jalan rel ini..

Wassalam….

Terimakasih atas masukannya pak.. masukan bapak sangat berguna untuk saya.. saya ingin sekali mengambil TA tentang transportasi.. karena bagi saya matkul tersebut yang saya kuasai ketimbang air dan struktur.. tetapi saya masih bingung pak tentang menentukan judul,,,judul apa yang saya pakai.. saya mohon bantuan dari bapak.. terimakasi,,

Assalamualaikum Wr.Wb pak..

saya mahasiswa Sipil UII…kenapa HCM (highway capacity Manual ) susah di didapat sementara Di Perpustakaan Terbatas..Download juga gak bisa..minta saran Pak.. terima kasih ..

Wassalamualaikum Wr.Wb

Assalamuailaikum pak

terimaksih atas info tentang pelaksanaan PK nya pak…info tersebut sangat berguna pak buat saya untuk melaksanakan PK nanti. mohon infonya pak kalau ada proyek” di jogja dan sekitarnya,karena saya insyallah akan mengambil PK di tahun 2012 pak,jikalau bapak ada mengetahui,mohon di share ya pak…terimakasih pak.

Leave a response

Your response:

*

Meta

Archives

Popular Posts

Popular Posts Plugin made by Electric Guitars.