Posted by: bachnas | 30th Jun, 2009

PESAWAT HILANG

PESAWAT HILANG.

Hari Ini 29 Juni 2009 diberitakan lagi pesawat udara Avia Star hilang dalam penerbangan Dekai-Wamena. Juga beberapa hari yang lalu pesawat Lion Air tergelincir di Mataram, dan sebelumnya bertubi tubi kecelakaan pesawat udara milik AURI, nampaknya frekuensi kecelakaan inilah yang membuat Eropa tidak mengizinkan Maskapai Penerbangan Indonesia membuka rute penerbangan ke wilayah mereka.

Baru-baru ini tanggal 1 Juni 2009 dunia juga heboh terjadi musibah, dan kita di Indonesia juga ikut prihatin dan sedih mendengar pesawat AIR France hilang di Samudera Atlantik saat terbang dari Brazil menuju Paris, sekitar 220 orang hilang, hampir sama dengan hilangnya pesawat Adam Air beberapa tahun yang lalu. Kalau kita lihat tingkat kefatalan kecelakaan pesawat ya dimana saja ya sama, di Negara maju ataupun di Negara yang sedang berkembang. Tapi kecelakaan pesawat semacam ini terjadi pada Negara Maju kok tidak ada yang lansung mengumandangkan Maskapai Penerbangan Perancis dilarang terbang ke wilayah Eropa, atau tidak boleh masuk ke wilayah Indonesia. Nah apa sebabnya?

Ya seperti penulis sampaikan diatas, di negara sana itu kejadian kecelakaan pesawat frekuensinya sangat kecil, tapi ditempat kita ya sangat sering inilah yang membedakannya. Sehingga baru-baru ini tanggal 29 Juli 2009 siaran Stasiun TV ‘Saluran Tujuh’ Australia menyampaikan bahwa Penerbangan Indonesia dinilai sebagai salah satu maskapai penerbangan yang masuk katagori ‘paling tidak aman’ di dunia, (sumber KR). Oh, kita sedih dan agak merinding juga. Usaha dari DEPHUB untuk membenahi aktivitas penerbangan di Tanah Air terus ditingkatkan, dapat dilihat barusan ini Dirjen Perhubungan udara telah menyetop 27 Maskapai Penerbangan di Indonesia karena telah habis masa berlakunya SIUP, kata Dirjen kalau ingin meneruskan silahkan ikuti REGULASI yang Baru. Tentu regulasi tersebut penekanannya lebih banyak untuk meningkatkan keamanan ketimbang pengaturan perbisnisan penerbangan. Semoga tujuan yang baik, dipahami dengan baik dan dikerjakan dengan baik, agar citra penerbangan di Indonesia menjadi lebih terpandang, sehingga negara maju tidak melihat aktivitas penerbangan kita sebagai penerbangan yang nekad.

Responses

Iya betul pak..apalagi kalo bekerjanya pulang pergi naik pesawat..kalo gak aman jadi takut naek pesawat...

Leave a response

Your response:

*

Categories

Meta

Archives