Posted by: bachnas | 14th Feb, 2009

Penyebab Kerusakan Jalan

Kita sering menjumpai kerusakan jalan pada suatu ruas jalan, kerusakan ini bermacam macam, umumnya ada kerusakan jalan berupa retak-retak (cracking), berupa gelombang (corrugation), juga kerusakan berupa alur/cekungan arah memanjang jalan sekitar jejak roda kendaraan (rutting) ada juga berupa genangan aspal dipermukaan jalan (bleeding), dan ada juga berupa lobang-lobang (pothole). Kerusakan tersebut bisa terjadi pada muka jalan yang menggunakan beton aspal sebagai lapis permukaannya.

Sekarang timbul pertanyaan kita, apa penyebab dari masing-masing kerusakan tersebut?

Penyebab kerusakan jalan adalah akibat beban roda kendaraan berat yang lalulalang (berulang-ulang), kondisi muka air tanah yang tinggi, akibat dari salah pada waktu pelaksanaan, dan juga bisa akibat kesalahan perencanaan.

Kita ambil salah satu bentuk kerusakan yang sering kita jumpai dan kerusakan tersebut sangat tidak nyaman untuk dilalui adalah kerusakan berlubangnya jalan, bahkan jalan yang bisa menyerupai kubangan kerbau (tempat mandi kerbau dengan lumpur) yang hal ini sering kita lihat disawah. Jelas penyebab utama adalah air. Jika sistim drainase sepanjang jalan tidak sempurna, termasuk perawatannya, maka air akan naik, bahkan bisa menggenangi jalan.

Daya dukung tanah pada badan jalan sangat dipengaruhi oleh kandungan air yang ada dalam tanah tersebut. Jika kandungan air optimum sudah terlewati maka daya dukung tanah akan menurun,apalagi jika sampai muka jalan tergenang maka kondisi saturated akan terjadi. Daya lekat antar butiran tanah menjadi sangat kecil bahkan bisa tidak ada sama sekali, gesekan antar partikal sangat menurun dan saling mengunci antar butiran sudah tidak bekerja. Pada kondisi ini kemampuan tanah mendukung beban boleh dikatakan sangat-sangat kecil. Sedangkan kendaraan tetap akan lewat, akibat beban kendaraan yang menekan muka jalan maka terjadilah pelepasan ikatan antar butiran pada tanah, dan akan mengakibatkan permukaan jalan menjadi pecah dan amblas. Nah inilah proses awal kerusakan jalan tersebut.

Oleh karena itu hampir setiap selesainya musim hujan akan nampak banyak jalan yang mengalami kerusakan, mulai dari lobang kecil sampai berlobang yang sangat besar. Jelas ini diakibatkan dari kondisi drainase yang tidak sempurna. Inilah yang sering dihebohkan yang terjadi dijalan Pantura Pulau Jawa. Memang banyak cara mengatasi kerusakan jalan. Nah sempurnakanlah sistim drainase sepanjang jalan agar muka air tanah tidak naik, untuk memperkecil terjadinya kerusakan jalan.

Responses

Assalamualaikum Pak…
Ne pak saya Rohmatullah Aeni yang di ajar sekelas ama bapak di SPJ yang crewet tu loch pak…he….masih bingung e pak mw buat tulisan tentang kepadatan jalan tapi dirasa kayanna kurang e pak cz aq sendiri rencana mw bahas maslah kepadatan jalan di daerah kaliurang. gimana ya pak kira-kira.
yang baru ada cuma data kepadatan jalan taun 2005 tu pun buat kota jogja bukan daerah kaliurang sendiri, tapi aq belum dapet referensi buat maslah struktur samping jalan di kaliurang paktolong
advice na pak.

Assalamualaikum,wr,wb.
ulasan diatas sangat menarik untuk dibahas. karena sekarang ini banyak sekali jalan-jalan di indonesia yang rusak parah, yg lebih gawat lagi kalo kerusakan paling parah terdapat di jalan nasional. setiap saya pulang kampung ke aceh, saya akan merasa jengkel dan marah kenapa pemerintah setempat tidak bertindak cepat untuk memperbaikinya. yang ingin saya tanyakan bapak. apakah kita sebagai masyarakat biasa bisa memberi masukan atau mengingatkan atau meminta kepeda pemerintah setempat untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak tersebut? terimakasih bapak sebelumnnya.
wass.

Assalamualaikum wr wb
Pak, akhirnya materi kuliah angkatan 07 masuk sini juga…
:D

Pak Bachnas, menurut cerita yang saya dengar, mobil sedan ternyata lebih merusak jalan dibandingkan dengan truk. Karena, menurut kabar, kualitas jalan yang dibangun seringkali lebih rendah daripadai standar yang ditetapkan karena dipotong untuk membelikan mobil sedan untuk oknum pejabat. Apa benar pak? :-) Tidak harus dijawab pak.

assalamualaikum pak,,
kalau tentang pengidentifikasi kerusakan jalan dan penambahan masa layanan (umur rencana) jalan itu bagaimana pak??
bagaimana caranya pelapisan ulang apabila jalan existing dibuang? apakah direncanakan dari awal? sekiranya data2 apa saja yang dibutuhkan lagi pak?
mohon advicenya pak.. :D
terimakasih

tolong carika kasus kerusakan jalan di indonesia dong

ass.maaf pak coment sy keluar dari ilmu teknik sipil.
Menurut sy :
1. kurangnya sosialisasi tentang penggunaan jalan.baik itu pengguna maupun penyedia jalan.
2.kurangnya moral bagi pengguna dan penyedia jalan.
3.moral yang kurang karena tingkat pengetahuan org tentang jalan kurang dan kesehjahteraan yang menyebabkan kebnyakan orang malas untuk mencari tahu.
4.pengguna jaln memakai jalan sesuka hatinya karena merasa sudah membayar pajak.
5.instansi yang terkait membiarkan jalan menampung beban yang berat hanya untuk 5000-10000rb tiap kendaraan (pungli)
Dari penyebab2 itu semua pak…saya punya usul…
Bgamana jalan di indonesia bisa baik diluar dari penyebab alam..
1.sosialisasi kepada setiap calon pengguna jalan bahwa jalan memiliki umur rencana dan UR itu bisa tercapai kalo kita menyayangi jalan.
2.kesehjateraan, ilmu pengeetahua, dan moral harus diperkuat karena ini kunci dari baiknya jalan indonsia.apabila salah satunya ini hilang maka sy yakin tidak akan ada jalan di indonesia sesuai dengan UR.
Maka dari itu program ini yang insya ALLAH akan sy bwa nanti untuk KKN mudah2an bapak bisa menjadi pembicaranya..hehehehe
Maaf pak..sy rasa bapak sudah lebih tahu masalah dan solusinya untuk jalan dan transportasi di indonesia.sy cuman ingin memberikan setitik pengethuan sy pak..hehehe
Oia..sy fitrah pak mahsiswa yang bapak bimbing KP di makssar.sy sdh mulai sejak tgl 22 juni pak..sampe saat ini belum ada kendala pak..maksi sebelumya pak..wss

Buat mbak FITRAH

maaf mbak seingat sy waktu mengikuti RAKORNIS antara PERHUBUNGAN dengan PU penyebab utama kerusakan jalan itu AIR HUJAN AIR PERMUKAAN AIR Preatis dan AIR Artesis sedangkan kerusakan jalan yang diakibatkan berat muatan yang melebihi MST/JBI pada saat beroperasi di jalan itu hanya 0,18%

ass. wr wb pak
sy selly mahasiswa bapak yang bapak ajar..
saya sangat suka tulisan bapak tentang kerusakan jalan..
karena saya tertarik tentang segala hal tentang jalan..
kalau bisa pak berikan juga ulasan tentang drainase yang seharusnya kita rancang agar memperkecil lagi kerusakan jalan..
karena kerusakan jalan sering kita liat dimana-mana..
terima kasih pak
saya bangga jadi mahasiawi bapak…
wss

Assalamualaikum wr wb

pertama2 saya ucapkan terima kasih kepada bapak atas tulisannya….

saya adalah mahasiswa teknik sipil semester 3 di salah satu perguruan tinggi swasta di palembang. saya ada tugas dari dosen saya untuk mencari tugas tentang aspal. Mungkin di tulisan bapak ini dapat membantu saya,,

untuk itulah saya akan men-link tulisan ini ke situs saya, sebagai arsip pribadi saya…

Wassalamualaikum wr wb

Ass…..,pak terus terang setelah membaca tulisan”bapak di blog ini saya semakin tertarik dengan mata kuliah yg bapak ampu.saya pun berfikir nntinya ingin mengambil TA transportasi…

mohon arahannya pak bgmna supaya saya nnti bnar”bisa menguasai ttg transportasi khussusnya jalan raya sehingga pada waktu dmn sya sdh mengmbil TA sya bnar”bisa dengn baik mengjkan tugas akhir ttg transportasi khususnya Jalan Raya. :)

trmksh sblmnya untuk bapak, Assllmlkoem,,,,,,,,

terimakasih pak.. tulisan ini saya coba ambil buat jadi salah satu sumber skripsi saya.. terimaksih pak

saya mau ambil tugas akhir jalan.. referensi apa sj yg harus sy siapkn???? rtus msalah yang paling besar dalam jalan raya itu kan dari pelaksanaan..!? apakan tdk ada bestek pekerjaan jalan… agar sekalipun pengawas dalam pekerjaan jalan bisa mengikuti dan mengerjakan sesuai bestek yang ada…

saya ,au ambil tugas akhir jalan… referensi apa sj ya pak yang harus saya siapkan..??terus mau tanya,, masalah yang paling besar dalamjalan raya itukan dari pelaksanaan..!? apakah tidak ada bestek pekerjaan jalan.. agar sekalipun pengawas bukan orang teknik pengawas bisa mengikuti dan mengerjakan sesuai bestek yang ada… trim’s

aslm…pak saya ogi mhs bpk.
mohon penjelasan lebih lanjut tentang geo tekstile….
karne saya tertarik dengan ulasan geo tekstile yang kmaren sedikit bapak ulas…
trim’s

ass…pak saya mario mahasiswa bapak di UTY.
saya mau ambil tugas akhir jalan raya,referensia apa aja yang siapkan. pak kenapa jalan yang baru dibuka belum setahun udah rusak apakah itu karena kualitas bahannya yang jelek tau dari manusianya yg ga jelas.saya juga mau nanya ge….
apakah bisa kita menghitung tebal perkerasan AASTHO metode bina marga dengan menggunakan visual basic……..terika kasih pak.

Kerusakan jalan lebih cepat, krn banyaknya kebocoran dana pungli, pak.
Ex mahasiswa FTSP UII.

Saya kira semua pakar jalan sdh paham ttg penyebab dan solusinya thdp kerusakan jalan krn sejak nenek moyang kita ya itu2 aja penyebab kerusakan jalan bisa krn faktor internal bahan sendiri bs juga faktor exsternal pelaksanaanya. Upaya perbaikan terus dilakukan oleh pihak PU/Bina Marga dg berbagai cara, termsk penggunaan additive aspal namun blm ada yg tepat, giliran ada aditive yg bs mengurangi terhdp keruSakan dini akibat rutting, bleeding, shoving, saluran dll, pada kenyataannya pelaksana tdk disiplin mengikuti juknisnya, sampai kpn kita mau disiplin utk Negeri sendiri.

Saya bekerja di Puslitbang Jalan sejak th 1968 sampai pensiun th 2000, dan sekarang masih aktif pada kegiatan pelatihan2 mengenai Teknik Jalan. Saya simpulkan bahwa kerusakan dini yang terjadi pada konstruksi jalan di Indonesia banyak disebabkan karena buruknya pelaksanaan. Coba saja adik2 yang baru lulus kuliah, yang tentunya teori2 di bangku kuliah masih segar, perhatikan bagaimana senior2 anda yang bekerja dibidang jalan bekerja di lapangan. Hampir semua kaidah2 teknik yang seharusnya diikuti, pada kenyataannya ditinggalkan/ dilanggar. Benar seperti apa yang dikatakan salah seorang peserta diskusi Jakarta Lawyer Club waktu membahas runtuhnya jembatan Kukar. Dikatakan bahwa sekarang orang tidak merasa bangga jadi insinyur karena pada kenyataannya pekerjaan di lapangan diserahkan kepada tukang. Anda akan sulit menemukan seorang site engineer atau quality engineer yang aktif di lapangan.Kalaupun bertemu di base camp coba perhatikan bagaimana kepedulian mereka terhadap penyimpangan2 di lapangan. Alasan klasikyang mnjadi tameng kalau ada kerusakan pasti karena hujan atau lalulintas, padahal diperencanaan semua itu sudah masuk perhitungan.

Ass…
Mf Pak Saya mahasiswa UNM, Saya sgat terkesan dengan tulisan Bapak. Sya mau minta bantuannya bapak dalm memilih judul tugas akhir tentang Transportasi krn Saya bingung dlm memilih jdul itu Pak.
Mhon bantuannya Pak
Terima Kasih sebelumnya.

Leave a response

Your response:

*

Categories

Meta

Archives

Popular Posts

Popular Posts Plugin made by Electric Guitars.